Pelajar SMP Belajar Kebinekaan dan Pancasila Bersama Ganjar

10 Februari 2023 08:08
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Pelajar SMPN 1 Kota Surakarta belajar bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di rumah dinas Gubernur Jateng, Kota Semarang, Jumat (10-2-2023). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

Sahabat.com - Seratusan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kota Surakarta belajar mengenai kebinekaan, Pancasila, dan integritas bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Kegiatan belajar mengajar nonformal tersebut berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jateng, Kota Semarang, Jumat.

Selain unjuk bakat dan prestasi, para pelajar menyampaikan banyak pertanyaan kepada orang nomor satu di Jateng itu seperti tentang nilai-nilai l Pancasila, kebinekaan, hingga soal antikorupsi.

"Ya, ini anak-anak SMP 1 Solo ke sini, yang menarik adalah mereka belajar tentang nilai-nilai Pancasila, dan hari ini kami ngobrol dengan mereka semuanya. Ternyata banyak anak yang sangat berprestasi, anak-anak yang sangat hebat, dan tentu menarik karena ini bagian dari merdeka belajar dari anak-anak SMP," kata Ganjar.

Melalui kegiatan yang merupakan bagian dari implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Ganjar mengaku bangga karena anak-anak kelas VII sudah punya pemikiran kritis tentang korupsi dan pemahaman yang baik tentang dasar-dasar negara.

"Ini bagus sekali, dia paham Salam Pancasila, dia paham nilai-nilai, paham perbedaan yang mesti dipersatukan, dia paham bagaimana memperlakukan orang lain," ujarnya.

Menurut Ganjar, kegiatan ini penting dilakukan sejak dini agar para pelajar dapat memegang teguh nilai-nilai prinsip tentang bernegara hingga antikorupsi.

"Ini penting, apalagi pertanyaannya 'kenapa sih harus ada pendidikan antikorupsi dimulai dari anak-anak sekolah', itu menurut saya hebat pertanyaan yang the best karena dari situlah kemudian kesadaran untuk berintegritas itu dibangun dan mereka akan membawa nilai-nilai yang prinsip," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment