Pengawasan Pemutakhiran Pemilih Wilayah Perbatasan Sulbar diperketat

30 Januari 2023 03:34
Penulis: Alber Laia, news
Bawaslu Sulbar melakukan rapat koordinasi pengawasan tahapan pemuktahiran data pemilu di Mamuju, Minggu (29/1/2023) ANTARA Foto/ M Faisal Hanapi

Sahabat.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Barat memperkuat pengawasan pemuktahiran data pemilih di wilayah perbatasan provinsi itu yang bersengketa.

Ketua Bawaslu Sulbar, Fitrinela Patonangi di Mamuju, Minggu mengatakan, terdapat hal krusial dalam pengawasan Pemilu di Sulbar, karena terdapat konflik sengketa wilayah perbatasan antara Pemerintah Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah yakni di Kabupaten Pasangkayu dan Kabupaten Donggala.

Ia mengatakan, Bawaslu Sulbar dan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah telah melakukan koordinasi terkait sengketa wilayah perbatasan tersebut dengan melibatkan masing masing Bawaslu Kabupaten di wilayah konflik tersebut agar setiap tahapan pemilu dapat berjalan sesuai dengan aturan.

Menurut dia, pada tahapan pemuktahiran data pemilu di Sulbar akan dilaksanakan pengawasan secara ketat di wilayah perbatasan yang berkonflik tersebut, agar tidak terjadi pelanggaran pemilu di wilayah itu.

Ia meminta, kepada penyelenggara pemilu agar bertugas dengan baik dalam melakukan pemutakhiran data pemilih di wilayah tersebut, sehingga tidak terjadi pelanggaran dan Pemilu 2024 dapat berjalan sukses.

Selain itu ia memjnta agar setiap petugas memutakhiran data pemilu di Sulbar, dapat dibekali dengan pelatihan agar mengerti akan tugasnya serta tidak melakukan kesalahan dalam bekerja, yang dapat mengakibatkan terjadinya pelanggaran pemilu.

"Petugas yang bekerja pada tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih di Sulbar diminta bekerja sesuai dengan tata cara dan mekanisme yang berlaku, dan tidak melakukan pelanggaran pemilu," katanya.

Ia menyampaikan, Bawaslu Sulbar juga telah melakukan rapat koordinasi persiapan pengawasan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih di Sulbar.

"Pengawasan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih juga untuk memastikan masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih, tidak kehilangan hak pilihnya di pemilu," katanya

Ia menyampaikan, Bawaslu Sulbar akan terus memaksimalkan setiap pengawasan tahapan pemilu dengan melakukan inovasi pengawasan meskipun harus dilakukan di tengah keterbatasan sumber daya manusia.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment