Timsel KPU Kepri Komitmen Lahirkan Komisioner Berintegritas

10 Februari 2023 03:08
Penulis: Alber Laia, news
Timsel KPU Kepri gelar acara sosialisasi seleksi penerimaan Komisoner KPU Kepri periode 2023-2028 secara daring di Tanjungpinang, Kamis (9/2). ANTARA/Ogen.

Sahabat.com - Tim Seleksi (Timsel) Calon Komisioner KPU Kepulauan Riau (Kepri) berkomitmen melahirkan komisioner terbaik dan berintegritas sehingga proses pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 berlangsung aman, damai, tertib dan menghasilkan pemimpin terbaik.

"Kami pastikan proses mekanisme pelaksanaan tahapan seleksi calon Komisioner KPU Kepri berlangsung secara baik, jujur dan bisa dipertanggungjawabkan kepada publik," kata Ketua Timsel Ngaliman dalam acara sosialisasi seleksi penerimaan komisoner KPU Kepri di Tanjungpinang, Kamis.

Ngaliman menyebut posisi Timsel KPU sebagaimana ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 adalah sebagai perpanjangan tangan KPU RI yang dibentuk dan dilantik guna membantu pelaksanaan perekrutan calon komisioner Komisioner KPU di 20 daerah di Indonesia.

Menurutnya alasan Timsel KPU dibentuk karena tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan cukup jauh, sehingga tidak memungkinkan bagi Komisioner KPU RI yang berjumlah sebanyak tujuh orang melakukan seleksi calon Komisioner KPU se-Indonesia.

Apalagi tahapan seleksi tersebut cukup lama yang dimulai pada tanggal 10 Februari 2023 hingga tiga bulan ke depan.

"Itulah kenapa KPU RI perlu membentuk perpanjangan tangan Timsel yang terdiri dari tiga kelompok, meliputi akademisi, profesional dan masyarakat, sehingga kewenangan KPU RI membentuk timsel sudah dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku," ujar Ngaliman.

Khusus di Kepri, katanya, timsel berjumlah lima orang yang dilantik KPU RI per tanggal 5 Februari 2023 punya waktu sekitar tiga bulan dengan output yang dihasilkan sebanyak sepuluh calon Komisioner KPU Kepri masa jabatan 2023-2028.

Sepuluh nama tersebut selanjutnya diusulkan ke KPU RI, di mana hanya ada lima nama yang diitetapkan sekaligus dilantik menjadi Komisioner KPU Kepri periode lima tahun ke depan.

"Jadi yang menetapkan sekaligus melantik itu KPU RI. Kami hanya melakukan proses administrasi kemudian menjadi semacam fasilitator pelaksanaan psikotes, tes tertulis, dan tes kesehatan bekerja sama dengan rumah sakit TNI Angkatan Darat," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengutarakan pendaftaran calon Komisioner KPU Kepri resmi dibuka Jumat 10-21 Februari 2023. Bagi masyarakat ingin mendaftar silakan mengunjungi website www.siakba.kpu.go.id.

Setelahnya, timsel akan melakukan seleksi administrasi, tes tertulis, wawancara, menerima tanggapan masyarakat hingga mendapatkan sepuluh nama calon Komisioner KPU Kepri.

"Lima orang yang akan menggantikan Komisoner KPU Kepri saat ini. Dua di antara komisioner sekarang tak bisa daftar karena sudah dua periode, sedangkan tiga lainnya masih punya hak untuk mendaftar," ucapnya.

KPU RI telah menetapkan lima Timsel Calon Komisioner KPU Kepri 2023-2028, yaitu Ngaliman yang juga seorang akademisi. Lalu, Sekretaris Timsel Juanda yang seorang aktivis organisasi kepemudaan asal Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri.

Selanjutnya Anggota Timsel Sapta Mupakat Tatar Purba, mantan Komisioner KPU Kalimantan Tengah periode 2013-2018. Kemudian Ridarman Bay, mantan Komisioner KPU Kepri 2013-2018. Juanda, aktivis kepemudaan asal Kabupaten Lingga.

Terakhir itu Endang Sulastri, mantan Komisioner KPU RI yang selalu dilibatkan KPU-Bawaslu dalam seleksi di level daerah dan pusat.

"Dapat dipastikan jajaran Timsel Calon Komisioner KPU Kepri ini adalah orang-orang dengan rekam jejak yang tak diragukan lagi. Masing-masing tentu punya nilai tambah satu sama lain," demikian Ngaliman.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment