Ditlantas Turunkan 800 Personel Gelar Operasi Keselamatan 2023

07 Februari 2023 07:44
Penulis: Alber Laia, news
Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol. Hilman Wijaya. ANTARA/Mario S.N.

Sahabat.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Barat menurunkan 800 personel dalam menggelar Operasi Keselamatan 2023 mulai Selasa hingga 20 Februari 2023.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol. Hilman Wijaya di Padang mengatakan bahwa operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan pengendara, baik roda dua maupun empat dan lainnya.

"Target kami adalah meningkatkan kedisiplinan pengemudi di jalan raya dan menekan angka kecelakaan," kata dia.

Kombes Pol. Hilman Wijaya mengimbau masyarakat pengendara agar tertib berlalu lintas dan mematuhi aturan berlalu lintas sehingga pelanggaran dan kecelakaan tidak terjadi,

"Dalam penindakan, kami mengedepankan tindakan preventif, edukatif, dan persuasif," kata dia.

Dirlantas menyebutkan sejumlah pelanggaran kasatmata yang menjadi perhatian seperti tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus, dan lainnya.

"Pelanggaran ini berdampak pada kecelakaan lalu lintas sehingga harus dilakukan penindakan," kata dia.

Sebelumnya, Ditlantas Polda Sumbar terpaksa menerapkan pemberian bukti pelanggaran (tilang) terhadap kendaraan tanpa pelat nomor karena aksi itu membuat pihaknya tidak dapat menerapkan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau sistem tilang elektronik.

Ia mengatakan bahwa pihaknya harus menilang manual untuk menindak pelanggaran tanpa pelat nomor ini.

"Kami tidak dapat menerapkan ETLE karena ini memang disengaja oleh pengendara agar bisa mengelabui sistem ini," kata dia.

Selama satu bulan ini, pihaknya mengamankan 360 kendaraan yang terjaring di jalan raya yang terjaring oleh petugas.

Langkah ini, kata dia, untuk meminimalkan aksi balap liar serta aksi ugal-ugalan anak muda di jalan raya yang dapat menyebabkan kematian.

"Ditlantas Polda Sumbar berupaya menyelamatkan generasi muda yang nantinya akan mengisi pembangunan ke depan agar mereka bisa berkendara dengan aman dan berhasil di kemudian hari. Jangan sampai gugur karena kecelakaan," kata dia.

Menurut dia, petugas polisi lalu lintas akan makin rutin melakukan penertiban dan razia kendaraan untuk aksi balap liar di jalan raya.

"Kami akan lakukan penertiban di setiap momentum sehingga tidak ada lagi ruang untuk mereka menggelar balap liar dan lainnya," kata dia.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment