Gubernur Jambi: Sopir Angkutan Batu Bara harus ditertibkan

15 Februari 2023 07:05
Penulis: Alber Laia, news
Gubernur Jambi Al Haris saat menghadiri rapat koordinat sama dua meteri terkiat permasalahan batu bara di Jambi, Rabu (15/2/23).(ANTARA/HO/Diskominfo Jambi)

Sahabat.com - Gubernur Jambi Al Haris menegaskan kepada para perusahaan batu bara yang ada di daerahnya untuk menertibkan dan mendisiplinkan para sopir angkutan batu bara sebagai salah satu upaya dalam menangani permasalahan kemacetan lalulintas.

Usai mengikuti Rapat Koordinasi Pembahasan Penertiban dan Penyelesaian Angkutan Batu bara di Provinsi Jambi, bersama Menteri Perhubungan dan Menteri ESDM, Al Haris melalui keterangan resminya, Rabu mengatakan pemerintah Provinsi Jambi bersama jajaran Forkompimda terus bersinergi dalam melakukan segala upaya menyelesaikan permasalahan angkutan batu bara.

Pada rapat koordinasi bersama menteri berserta jajarannya itu memaparkan beberapa permasalahan batu bara yang terjadi di lapangan serta solusi yang terbaik dalam menyelesaikan masalah tersebut.

“Pak menteri juga pada akhir bulan ini akan menggelar rapat di Jambi dan berdiskusi dengan para pemilik izin usaha tambang,” kata Al Haris.

Ia meminta para perusahaan batu bara hendaknya menertibkan para sopir melalui transportir resmi guna meminimalisir permasalahan angkutan batu bara yang terjadi saat ini, sehingga kendaraan yang mengangkut batu bara bisa terdata dengan baik.

Pemerintah Provinsi Jambi juga ikut berupaya dengan memberikan stiker kepada setiap kendaraan yang tujuannya agar angkutan batu bara ini benar benar terdaftar pada transportir resmi, sehingga bisa benar mengawasi angkutan batu bara yang beroperasi.

Solusi saat ini sedang dalam proses pembangunan jalan khusus angkutan batu bara yang nantinya bisa mengurai kemacetan lalu lintas yang terjadi.

Pemerintah Provinsi Jambi juga telah melakukan upaya lainnya yaitu pemasangan stiker pada setiap angkutan, penetapan jam operasional angkutan batu bara, pembangunan kantong parkir bagi angkutan serta pembangunan jalan alternatif sebagai solusi lainnya.

Sementara itu Menteri Energi Sumber Daya Mineral RI Arifin Tasrif mengingatkan untuk melakukan inspeksi terhadap kualitas jalan khusus angkutan batu bara dan jalan alternatif batu bara serta memastikan dengan adanya jalan tersebut benar-benar mengatasi kemacetan yang terjadi.

“Kita harus segera mengatasi semua permasalahan ini, kantong-kantong parkir harus segera dibangun, tindakan disiplin terhadap perusahaan batu bara menjadi sangat penting guna kemaslahatan masyarakat Jambi, dimana solusi kita bersama harus benar-benar tepat agar tidak berdampak dengan penurunan pertumbuhan perekonomian di Jambi yang tentu saja memiliki dampak lebih besar lagi,” pesan Arifin.

Pada kesempatan tersebut turut hadir, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Ketua DPRD Provinsi Jambi, jajaran pejabat Kementerian Energi Sumber Daya Mineral RI, dan jajaran pejabat Kementerian Perhubungan.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment