Imigrasi Tangerang Amankan Empat WNA Melanggar Ketertiban Umum

20 Februari 2023 10:25
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Dari kiri : Ujo Sujoto (Kadiv Imigrasi) Tejo Harwanto (Kakanwil Banten) Rakha Sukma Purnama (Kakanim Tangerang) dan Oni Armadya (Kasi Inteldakim) saat menunjukan bukti identitas empat WNA yang diamankan karena mengganggu ketertiban umum. (ANTARA/HO)

Sahabat.com - Kantor Imigrasi Kelas I Non-TPI Tangerang, Banten mengamankan empat orang warga negara asing (WNA) dari Kenya karena diduga melanggar keimigrasian dan mengganggu ketertiban umum akibat aktifitas yang dilakukan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Tejo Harwanto di Tangerang, Senin, mengatakan pengamanan empat WNA merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat yang terganggu dengan kegiatan yang dilakukan.

"Ada empat WNA yang kami amankan dari salah satu kondominium di Karawaci. Keempat WNA tersebut tak dapat menunjukkan identitas ketika diminta petugas," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan keempat WNA tersebut melanggar pasal 123 huruf (a) dan (b) dan/atau pasal 75 ayat (1) dan (2) huruf (a) dan (f) UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian.

Lalu dua WNA lainnya diduga melanggar pasal 75 ayat (1) dan (2) huruf (a) dan (f) UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian.

"Keempat WNA dikenakan tindakan administratif keimigrasian berupa deportasi dan penangkalan," ujarnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang Rakha Sukma Purnama menambahkan dua WNA tersebut sebelumnya pernah dideportasi tetapi masuk kembali masuk ke Indonesia setelah mengubah idenititas.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kedutaan besar untuk melakukan deportasi kepada empat orang ini serta meningkatkan pengawasan ke depan agar kasus tersebut tak terulang," ujarnya.

Sejak Januari hingga bulan Februari 2023, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang sudah melakukan penindakan 10 orang WNA berasal dari Nigeria, Cina dan Kenya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment