Kemenkumham Babel Serahkan KIK Tengkelesak Lenggang Belitung Timur

29 Januari 2023 04:33
Penulis: Alber Laia, news
Kepala Kanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto menyerahkan Surat Pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Sumber Daya Genetik Ikan “Tengkelesak Lenggang” ke Bupati Belitung Timur Burhanudin di Manggar. (Humas)

Sahabat.com - Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan Surat Pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Sumber Daya Genetik Ikan “Tengkelesak Lenggang” kepada Pemerintah Kabupaten Belitung Timur untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Semoga pencatatan KIK ini memberikan nilai tambah bagi perekonomian Belitung Timur," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto di Manggar, Minggu.

Ia mengapresiasi inisiatif Pemkab Beltim dalam pengajuan pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal. Kustodian KIK tersebut adalah Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Timur yang berlokasi di Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Tengkelesak Lenggang tersebut dilaporkan kepada Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham oleh Yeni Srihartati. Saat ini Tengkelesak Lenggang telah didokumentasi dan diarsipkan dalam Pusat Data Nasional Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Indonesia dengan Nomor Pencatatan SDG19202300002.

"Pencacatan ini berdasarkan Pasal 38 Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta," katanya.

Bupati Belitung Timur  Burhanudin menyampaikan rasa terima kasih dan mengapresiasi Kanwil Kemenkumham Babel atas penyerahan Surat Pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal Sumber Daya Genetik “Tengkelesak Lenggang”.

“Semoga pemberian Surat Pencatatan Inventarisasi KIK ini dapat menjadi pemantik untuk memajukan daerah. Ke depannya kami akan berupaya mendorong masyarakat daerah ini untuk melakukan pencatatan kekayaan intelektual sehingga mendapat perlindungan hukum," katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Divisi Keimigrasian Doni Alfisyahrin, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Eva Gantini, Kepala Bidang Pelayanan Hukum dan HAM  Adi Riyanto, Kepala Bidang HAM Suherman, beserta jajaran.

Sementara dari jajaran Belitung Timur dihadiri Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Perdagangan Harli Agusta, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, UMKM Abdul Rohim, perwakilan Dinas Pertanian Asbullah.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment