Kemenkumham Babel Tingkatkan Kualitas SDM Kelola Arsip

13 Februari 2023 04:53
Penulis: Alber Laia, news
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar bimbingan teknis (bimtek), guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam menciptakan tata kelola arsip yang baik di Pangkalpinang, Senin (13-2-2023). ANTARA/HO-Humas Kemenkumham Babel

Sahabat.com - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar bimbingan teknis (bimtek) guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam menciptakan tata kelola arsip yang baik.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, kualitas SDM jajaran Kanwil Kemenkumham Babel dalam mengelola arsip makin meningkat," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Babel Harus Sulianto di Pangkalpinang, Senin.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Babel Muslim Alibar mengatakan bahwa bimtek ini dalam rangka menciptakan tata kelola arsip yang baik, sekaligus pemenuhan data dukung Target Kinerja (Tarja) B03 dan Rencana Kerja Tahunan Reformasi Birokrasi (RKT RB) Divisi Administrasi Tahun Anggaran 2023.

"Tujuan dari bimtek pengelolaan dan pengawasan kearsipan ini untuk menciptakan SDM yang berkualitas di bidang kearsipan," katanya.

Sesuai dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009, kata dia, kearsipan merupakan suatu kegiatan menempatkan dan menyimpan dokumen-dokumen penting dalam suatu organisasi, baik perusahaan maupun instansi, yang bertujuan untuk menjamin keselamatan suatu organisasi sebagai barang bukti tertulis, baik itu dalam bentuk gambar maupun bentuk lainnya.

"Melihat fungsi dan kegunaan arsip yang sangat strategis, maka perlu dilakukan pengelolaan arsip agar mudah diakses jika dibutuhkan kembali," katanya.

Menurut dia pengelolaan arsip yang baik tidak hanya membuat daftar arsip agar mudah ditemukan kembali, tetapi juga membuat arsip tersebut menjadi informasi yang mencerminkan keberadaan, tugas dan fungsi dari pencipta arsip.

"Saya berharap kepada para peserta bimbingan teknis untuk mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan kesungguhan," katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber yang merupakan Arsiparis Ahli Muda Biro Umum Sekretariat Jenderal yaitu, Emon A. Kohar. Dia menyampaikan materi tentang tata cara penciptaan arsip, melaksanakan pengelolaan arsip hingga penyusutan arsip.

Dilanjutkan paparan Dedy Syahputra. Narasumber ini menjelaskan tentang tips dan trik pengelolaan arsip aktif dan inaktif yang baik. Pemateri terakhir adalah Andri yang menyampaikan tentang digitalisasi arsip dan arsip vital yang ada pada kantor wilayah dan unit pelaksana teknis.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment