Kemenkumham Minta Babel daftarkan KI Komunal Martabak Bangka

17 Februari 2023 06:14
Penulis: Alber Laia, news
Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Babel Harun Sulianto (Aprionis/ANTARA)

Sahabat.com - Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta pemerintah daerah di provinsi ini untuk mendaftarkan Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Martabak Bangka agar mendapatkan perlindungan hukum.

"Kami berharap martabak bangka didaftarkan sebagai KIK untuk menghindari makanan khas daerah ini diklaim pihak lain," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Babel Harun Sulianto di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan martabak ini merupakan milik orang Bangka dan martabak ada di setiap daerah di Indonesia. Jadi sangat disayangkan jika makanan khas Bangka ini nantinya diklaim daerah lainnya.

"Saya di Surabaya, Palembang, Jakarta membeli martabak dan hampir semua pedagang mau menerima uang saya, karena orang jual martabak tersebut adalah warga Belinyu Kabupaten Bangka," ujarnya.

Harun Sulianto yang merupakan putra daerah Belinyu, Kabupaten Bangka ini menyatakan tidak hanya martabak yang harus didaftarkan KIK tetapi termasuk mi bangka.

"Mi bangka ini ada yang dijual di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan dan penjualnya  berasal dari Belinyu," katanya.

Menurut dia, jika martabak dan mi bangka ini tidak didaftarkan untuk memperoleh KIK tentunya sangat disayangkan jika makanan khas orang Bangka diklaim orang daerah lain.

Oleh karena itu, ia meminta kekayaan intelektual komunal di Babel, seperti makanan khas, ekspresi budaya tradisional, dan pengetahuan tradisional dapat didaftarkan agar mendapat perlindungan hukum, serta menjadi nilai tambah ekonomi dan menjadi daya tarik pariwisata di daerah ini.

"Banyak potensi kekayaan intelektual di Bangka, seperti Cap Go Meh, Fekcun, Sembahyang Rebut, Ceria Imlek, Nuju Cerami, Mandi Belimau, Rebu Kasan, Pekasem Teritip, Kiping, dan lain sebagainya untuk mendapatkan perlindungan hukum," katanya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment