Operasi Telabang Polres Gumas Sasar Pelajar di Bawah Umur

08 Februari 2023 07:15
Penulis: Alber Laia, news
Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra menyematkan tanda operasi kepada salah satu perwakilan Satpol PP, saat upacara gelar pasukan Operasi Keselamatan Telabang 2023 di Kuala Kurun. (ANTARA/HO-Polres Gunung Mas.)

Sahabat.com - Operasi Keselamatan Telabang 2023 yang dilakukan Polres Gunung Mas (Gumas) menyasar pelajar di bawah umur, sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan keselamatan dalam berkendara.

"Sasarannya yakni pengendara yang menggunakan telepon seluler, di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI), pengemudi dalam pengaruh alkohol," kata Kapolres Gunung Mas, AKBP Asep Bangbang Saputra di Kuala Kurun, Rabu.

Operasi Keselamatan Telabang 2023 dilaksanakan mulai 7-20 Februari 2023. Dia menambahkan, sasaran lainnya adalah pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus, pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman, pengemudi ugal-ugalan, serta pelanggaran "over dimension over load" atau muatan berlebih.

Dalam pelaksanaannya, ada 23 personel Polres Gunung Mas yang terlibat pada Operasi Keselamatan Telabang 2023. Polres juga melibatkan TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, serta Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan Gunung Mas.

"Kita bersinergi di lapangan, untuk melakukan kegiatan operasi ini, menyesuaikan dengan situasi dan wilayah di Gunung Mas," kata Asep yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbidpaminal Bidpropam Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selain itu, Polres Gunung Mas, dengan menggandeng para pemangku kepentingan lainnya, juga akan menggencarkan sosialisasi dan edukasi terkait kamseltibcar lantas, melakukan pembinaan dan penyuluhan, serta patroli dialogis ke keramaian.

Lebih lanjut, dia menekankan pentingnya kesadaran berlalu lintas, baik saat mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat. Ada atau tidak ada operasi, masyarakat hendaknya selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

"Saya yakin masyarakat Gunung Mas sudah mengetahui aturan berlalu lintas. Jadi mari kita taati aturan tersebut, demi menciptakan kamseltibcar lantas di wilayah ini," kata Asep.

Sebelumnya, Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Operasi Keselamatan Telabang 2023 selama 14 hari untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi terjadi di wilayah hukum Polda setempat.

Irwasda Polda Kalteng Kombes Pol Ady Soeseno mengatakan, pada operasi ini, Polda Kalteng bersama berbagai pihak terkait akan melakukan beberapa langkah dalam menghadapi momentum besar tahun ini, antara lain melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, memberikan edukasi tentang kamseltibcar lantas melalui 'on air live' radio.

Selain itu, lanjut dia, melakukan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat melalui media cetak, elektronik dan media online, serta melaksanakan patroli dialogis di tempat keramaian.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment