Polda Babel Terapkan Tilang Elektronik Selama Operasi Keselamatan 2023

07 Februari 2023 07:26
Penulis: Alber Laia, news
Direktur Lalu Lintas Polda Kepulauan Babel Kombes Pol Juang Andi Priyanto (kanan) usai Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Menumbing 2023 di Pangkalpinang, Selasa (7/2/2023). (ANTARA/Aprionis)

Sahabat.com - Polda Kepulauan Bangka Belitung menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) selama Operasi Keselamatan Menumbing 2023 mulai Selasa hingga Senin (20/2) guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Kami mengajak seluruh masyarakat menjadi pelopor atau agen perubahan dalam tertib berlalu lintas," kata Direktur Lalu Lintas Polda Kepulauan Babel Kombes Pol. Juang Andi Priyanto saat Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Menumbing 2023 di Pangkalpinang, Selasa.

Juang Andi menjelaskan Operasi Keselamatan Menumbing 2023 akan memberlakukan sistem penegakan hukum lalu lintas dengan memanfaatkan perangkat elektronik berupa kamera pengawas CCTV.

"Kami tidak lagi menerapkan tilang manual dan sesuai arahan kapolri agar penindakan pelanggar lalu ini sesuai SOP yang ditetapkan," tambahnya.

Dia menyebutkan beberapa sasaran pelanggaran yang menjadi atensi dalam Operasi Lilin Menumbing 2023 antara lain tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari dua saat menggunakan kendaraan roda dua, melawan arus, dan menerobos lampu merah.

"Ibu-ibu yang tidak menggunakan helm dan anak-anak yang berboncengan tiga akan ditilang, agar mereka terhindar dari kecelakaan lalu lintas," jelasnya.

Dia berharap dalam momen tersebut semua masyarakat Kepulauan Bangka Belitung bisa bersama-sama bergandeng tangan, menyatukan pikiran mewujudkan keamanan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas sebagai bagian yang harus dilaksanakan untuk dipatuhi.

"Kita semua bersama-sama jangan hanya polantas, polda, dan polres yang menindak; tetapi semua elemen masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku," ujarnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment