Polda Sultra Upayakan Setiap Kecamatan di Kendari punya Polsek

01 Maret 2023 04:32
Penulis: Alber Laia, news
Wakapolda Sultra Brigjen Pol Waris Agono memberikan keterangan pers di Kendari, Sultra, Rabu (1/3/2023). ANTARA/Harianto

Sahabat.com - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara mengupayakan setiap kecamatan, khususnya di wilayah Kota Kendari, bisa memiliki polisi sektor (Polsek) guna memberikan pelayanan terbaik dalam menciptakan ketertiban dan keamanan masyarakat (kantibmas).

Wakil Kepala Polda (Wakapolda) Sultra Brigjen Pol Waris Agono di Kendari, Rabu mengatakan target semua kecamatan di Kota Kendari agar memiliki polsek sudah menjadi program kerja dari Polda Sultra, hanya saja masih akan disesuaikan dengan skala prioritas.

"Itu semua sudah masuk dalam rencana kerja Polda Sultra beberapa tahun ke depan ini. Tapi kan karena keterbatasan anggaran dan selektivitas prioritas, tentu kita akan pilih-pilih mana yang akan menjadi prioritas," katanya

Meskipun begitu, Wakapolda mengatakan bahwa pihaknya sesungguhnya menginginkan dari 11 kecamatan di Kota Kendari, seluruhnya memiliki polsek dari saat ini baru berjumlah lima polsek di Kota Kendari,  di antaranya Polsek Baruga, Polsek Mandonga, Polsek Kemaraya, Polsek Poasia dan Polsek Abeli.

"Kami ingin sih membangun seluruh kecamatan, minimal ada satu polsek satu kecamatan tetapi untuk membangun itu tidak sesimpel yang kita bayangkan," ujar Wakapolda.

Dia menjelaskan bahwa untuk membangun polsek terlebih dahulu yang harus dibangun yakni polisi sub sektor (polsubsektor), kemudian bisa meningkat menjadi polsek dengan membutuhkan waktu selama kurang lebih dua tahun.

"Terdapat tahapan-tahapan untuk pembangunan polsek yang dimulai terlebih dahulu dari pembangunan polsubsektor, nanti sesudah itu kalau sudah disetujui polsubsektor sekitar dua tahun kemudian diajukan peningkatan menjadi polsek," ujar Waris.

Ia juga menerangkan bahwa pembangunan polsubsektor sampai menjadi polsek, pihak Polda Sultra harus mengajukan ke Mabes Polri dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Jadi kalau nanti dari Mabes Polri dan Kemenpan-TB setuju untuk rencana program tersebut, baru kita bangun polsubsektor. Demikian juga peningkatan polsubsektor menjadi polsek, karena membentuk satu unit kerja itu terkait dengan beberapa hal seperti anggaran, kemudian lahan, pembangunan markas, dan sebagainya," kata Waris.

Meskipun begitu, Wakapolda Sultra mengimbau agar seluruh masyarakat tetap bersama-sama menjaga lingkungan masing-masing dalam menciptakan suasana ketertiban yang aman dan kondusif.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment