Polda Sumbar Tingkatkan Kapasitas Tiga Pilar Keamanan di Desa

14 Februari 2023 03:08
Penulis: Alber Laia, news
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono. ANTARA/HO-Polda Sumbar

Sahabat.com - Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) meningkatkan kapasitas tiga pilar keamanan di tingkat desa atau nagari di provinsi itu, yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan wali nagari/kepala desa, dalam upaya mendukung program pemerintah

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono pada pembukaan kegiatan Capacity Building" di Padang, Senin mengatakan peningkatan kapasitas ketiga pilar keamanan tingkat desa itu sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional.

"Babinsa ujung tombak TNI dan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri yang berada di desa, begitu pula nagari atau desa adat," ujarnya.

Menurut dia, jika ujung tombak tersebut tumpul, maka tumpul juga harapan masyarakat, sehingga pihaknya berharap mereka berperan dalam menjaga stabilitas di masyarakat.

Suharyono meminta ketiga pilar itu mengupayakan penyelesaian masalah masyarakat tingkat bawah, dan juga kehadiran Bhabinkamtibmas, Babinsa dan wali nagari sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta wali nagari atau kepala desa merupakan tiga pilar yang menjaga pemulihan ekonomi nasional, dan sangat berperan penting dalam menjaga situasi kamtibmas. Tetap semangat bekerja di lingkungan masing-masing," ujarnya.

Kapolda Sumbar juga mengajak masyarakat agar terlibat aktif dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Tentunya dengan bantuan masyarakat sangat membantu Polri dalam memenuhi keamanan dan ketertiban untuk masyarakat Sumbar.

Ia juga mengajak masyarakat menjaga kebersamaan, menjaga lisan dan perilaku, serta jangan sampai terpecah belah.

"Jangan menyebarkan hoaks, jangan menggosip, jangan menyebarkan fitnah, jangan bersifat sombong," kata dia.

Ia menyebutkan jumlah jumlah polisi di Sumbar saat ini sebanyak 10.500 orang, namun tidak sebaning dengan penduduk daerah ini mencapai lima juta orang, sehingga perlu kemitraan yang kuat dengan masyarakat dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban.

Suharyono juga menyampaikan Polda Sumbar menjalankan program Jumat Curhat yang menjadi sarana memperkuat komunikasi kepolisian dengan masyarakat dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban.

"Program ini menjadi efisien dan efektif karena masyarakat di sini berkumpul untuk menjalankan ibadah shalat Jumat, kita selipkan pesan kamtibmas dan diskusi langsung dengan masyarakat,' ujarnya.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment