Polres Malang Perkuat Patroli Cegah Tindak Kejahatan Saat Ramadhan

24 Maret 2023 12:37
Penulis: Habieb Febriansyah, news
Arsip - Petugas Polres Malang pada saat melakukan patroli untuk mengantisipasi aksi balap liar di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. (ANTARA/HO-Humas Polres Malang)

Sahabat.com - Polres Malang, Jawa Timur, memperkuat langkah patroli skala besar untuk mencegah timbulnya tindak kejahatan dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnas) saat bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

Kasihumas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat, mengatakan pihaknya berupaya melakukan pencegahan guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif saat Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Saat Ramadhan, kami rutin melaksanakan patroli skala besar dengan tujuan untuk mencegah kejahatan jalanan maupun gangguan kamtibmas di wilayah Kabupaten Malang," kata Taufik.

Dia menjelaskan upaya pencegahan yang dilakukan oleh Polres Malang tersebut di antaranya dengan menggelar patroli skala besar pada siang atau malam hari di wilayah Kabupaten Malang.

Menurutnya, dalam patroli skala besar tersebut akan menerjunkan personel dari Satuan Lalu Lintas, Samapta, dan Satreskrim Polres Malang, yang juga diperkuat dengan operasi dari polsek jajaran setempat secara bersamaan.

"Upaya pencegahan dilakukan Polres Malang dengan rutin menggelar patroli skala besar baik siang maupun malam. Kemudian juga didukung dengan operasi dari polsek jajaran," jelasnya.

Dia pun mengimbau masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Malang, untuk tidak melakukan kegiatan Sahur On The Road (SOTR) selama bulan suci Ramadhan. Hal itu karena kegiatan SOTR berpotensi menimbulkan gangguan keamanan.

"SOTR berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, seperti balap liar maupun tawuran serta kecelakaan lalu lintas," katanya.

Masyarakat juga bisa melakukan kegiatan sahur bersama di gedung-gedung atau lokasi tertentu dan tidak berada di jalan raya. Pihaknya berharap masyarakat bisa melakukan berbagai kegiatan keagamaan saat Ramadhan.

"Mari bersama kita isi bulan Ramadhan dengan kegiatan keagamaan agar suasana bulan suci dapat kita rasakan dengan baik. Jangan sampai merusak dan kontra produktif," ujar Taufik.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment