Rafael Alun dan Istri Jalani Pemeriksaan Selama 12 Jam di KPK

24 Maret 2023 15:57
Penulis: Ramses Manurung, news
Rafael Alun Trisambodo/ist

Sahabat.com - Mantan Pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rafael Alun Trisambodo (RAT) dan  istrinya, Ernie Meike menjalani pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada Jumat (24/3/2023). 

Diduga Rafael Alun dan istrinya dimintai keterangan terkait kejanggalan harta kekayaannya.

Pemeriksaan berlangsung selama 12 jam. 

Rafael Alun dan istrinya keluar dari Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, sekira pukul 20.30 WIB usai menjalani pemeriksaan.

Namun, Rafael Alun maupun Ernie Meike enggan merespons pertanyaan yang dilontarkan awak media.

Diduga kuat, permintaan keterangan keduanya terkait penyelidikan temuan ketidakwajaran harta kekayaan Rafael Alun.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri tidak membantah ihwal permintaan keterangan Rafael Alun dan istrinya berkaitan dengan proses penyelidikan. Namun, ia enggan membeberkan lebih detail apa yang diklarifikasi tim KPK terhadap Rafael Alun dan istrinya.

"Yang pasti KPK komitmen selesaikan proses penyelidikan yang sedang kami lakukan ini. Kami butuh waktu untuk hal tersebut," kata Ali Fikri, Jumat (24/3/2023).

Rafael Alun Trisambodo sebelumnya sudah sempat diklarifikasi oleh tim Kedeputian Pencegahan KPK soal harta kekayaannya. 

Selain itu, PPATK menemukan ada indikasi transaksi janggal diduga terkait pencucian uang di rekening Rafael Alun. PPATK menyebut ada peran konsultan pajak sebagai pihak profesional yang mengatur ataupun mengelola uang Rafael Alun.

Temuan PPATK serta KPK tersebut saat ini sedang dicari unsur pidananya. KPK telah meningkatkan status temuan ketidakwajaran harta kekayaan Rafael Alun ke tingkat penyelidikan. KPK sedang menyelidiki dan mencari unsur pidana suap dan gratifikasi terkait Rafael Alun Trisambodo.

Temuan ketidakwajaran harta Rafael Alun Trisambodo buntut dari kasus anaknya, Mario Dandy Satriyo yang menjadi pelaku penganiayaan terhadap David Ozora, anak petinggi Pengurus Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Jonathan Latumahina. 

 

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment