Sejumlah Menteri jadi Narasumber Rapim Polri 2023

09 Februari 2023 04:40
Penulis: Alber Laia, news
Poster Rapat Pimpinan Polri 2023 di Jakarta, Kamis (9/2/2023). (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri)

Sahabat.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) Polri Tahun 2023 di Jakarta, Kamis, dengan menghadirkan sejumlah menteri dan kepala lembaga pemerintah non-kementerian sebagai narasumber eksternal dalam agenda tahunan tersebut.

Sejumlah menteri yang diundang hadir sebagai pembicara eksternal ialah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja, dan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan menurut informasi terkini baru dua menteri yang terkonfirmasi hadir dalam Rapim Polri 2023, Kamis, yakni Sri Mulyani dan Tito Karnavian, sementara Rahmat Bagja, Heddy Lukito, dan Retno Marsudi mengirimkan perwakilan untuk hadir.

"Informasi yang saya dapatkan pagi ini seperti itu, kemungkinan juga bisa berubah-ubah karena dinamika tinggi," kata Dedi di Jakarta, Kamis.

Narasumber perwakilan dari Kemlu ialah Direktur Jenderal (Dirjen) Asean Sidharto R. Suryodiputro yang akan menyampaikan materinya dengan topik Kebijakan dan Strategi Kementerian Luar Negeri dalam Penyelenggaraan KTT ASEAN 2023.

Kemudian, Sri Mulyani dijadwalkan membawakan materi bertajuk Kebijakan Penganggaran dalam Pengamanan Agenda Nasional dan Internasional 2023.

Sementara itu, Tito Karnavian akan membawakan materi tentang Kebijakan dan Strategi Dalam Negeri untuk Menjaga Stabilitas Politik, Hukum, dan Keamanan di Daerah dalam rangka menghadapi Pemilu 2024.

Selanjutnya, Bawaslu mengirimkan perwakilan dari Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi Herwyn J. H. Malonda yang akan memberikan materi tentang Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) serta harapan terhadap TNI dan Polri dalam mengawal tahapan Pemilu 2024.

Dari DKPP akan diwakili oleh Anggota DKPP J. Kristiaji guna menyampaikan topik tentang Peran DKPP dan Kerja Sama Penanganan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang berkualitas dan berintegritas.

Selain itu, hadir pula narasumber dari internal Polri yakni Kabaintelkam Polri Komjen Pol. Ahmad Dofiri, Kabaharkam Polri Komjen Pol. Arief Sulisyanto, Kabareskrim Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, Dankorbrimob Komjen Pol. Anang Revandoko, serta Asops Kapolri Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendy.

Pada akhir acara, akan ada pembulatan materi dari Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Purnomo dan pengarahan dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Rapim Polri Tahun 2023 mengangkat tema tentang Polri Presisi siap mengawal tahapan Pemilu 2024 serta mengamankan agenda nasional dan internasional 2023 dalam rangka mendukung peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment