"Si Plontos" antarkan Polres Kendal raih Penghargaan Kemenpan RB

22 Februari 2023 06:49
Penulis: Alber Laia, news
Kapolres Kendal AKBP Jamal Alam H usai menerima penghargan Kemnepan RB di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/2/2023). ANTARA/HO-Polres Kendal

Sahabat.com  - Polres Kendal, Jawa Tengah, telah mengembangkan layanan digital Si Plontos, sehingga berkat inovasi tersebut mengantarkan lembaga kepolisian tersebut meraih penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dengan kategori Pelayanan Prima Tahun 2022.

Kapolres Kendal AKBP Jamal Alam H usai menerima penghargaan Kemnepan RB di Mabes Polri, Jakarta, Selasa, mengatakan Si Plontos adalah salah satu inovasi Polres Kendal dalam pelayanan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) secara digital.

“Inovasi Si Plontos ini bekerja sama dengan PT Pos Indonesia guna memudahkan masyarakat agar tidak perlu datang ke Mapolres untuk mengurus SKCK,” kata Jamal.

Ia mengatakan berbagai inovasi dalam upaya meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik kepolisian melalui transformasi digital itu kini juga dikembangkan layanan lainnya seperti sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) dan surat izin mengemudi (SIM).

Menurut dia, peningkatan pelayanan publik ini menjadi salah satu program prioritas kerja Kapolres Kendal, terutama terhadap kualitas sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta efisiensi birokrasi pelayanan.

“Harapannya tahun 2023 bisa mendapatkan kembali predikat Pelayanan Prima,” kata Jamal.

Polres Kendal merupakan salah satu dari 47 satuan kerja (satker) Polri mulai dari polres, polresta, polrestabes, dan polres metro yang meraih predikat Pelayanan Prima Tahun 2022.

Sesuai data dari Polri bahwa capaian ini meningkat dari tahun 2021 hanya sekitar 27 polres/polresta/polretabes dan polres metro yang mendapat predikat Pelayanan Prima, sedangkan di tahun 2020 hanya 12 polres/polresta/polrestabes dan polres metro.

Wilayah Polda Jawa Tengah terdapat empat satuan kerja (satker) yang mendapat pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik (PEKPPP) kategori Pelayanan Prima, yakni Polres Kendal, Polres Cilacap, Polrestabes Semarang dan Polres Kudus.

Polda Jawa Timur menjadi paling banyak satker yang berpredikat Pelayanan Prima, yakni sebanyak 10, antara lain Polresta Sidoarjo, Polres Gresik, Polres Banyuwangi, Polrestabes Surabaya, Polres Mojokerto, Polres Malang, Polresta Malang Kota, Polres Nganjuk, Polres Lamongan dan Polres Tuban.

Disusul Polda Kalimantan Selatan sebanyak delapan satker, kemudian Polda Jawa Barat dan Jawa Tengah masing-masing ada empat satker, Polda DIY, Kalimantan Tengah dan Sumatera Barat masing-masing tiga satker.

Kemudian Polda Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Lampung, masing-masing dua satker. Polda Riau, Banten, Metro Jaya, Bali, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat masing-masing satu satker.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment